Bagaimana Cara Ibadah Umroh Bersama Anak

Bagaimana Cara Ibadah Umroh Bersama Anak

Melakukan kunjungan ke tanah suci merupakan pengalaman paling indah dan mengesankan bagi para umat muslim, apalagi jika pergi bersama keluarga, tentunya turut serta mengajak anak-anak anda tercinta. Nah Bagaimana Cara Ibadah Umroh Bersama Anak ? Berikut kami akan berikan beberapa ulasan tentang cara berumroh bersama anak-anak anda.

Beberapa keluarga, ada yang mengajak anak-anak untuk pergi umroh semata-mata karena ingin memberikan pengalaman baru kepada anak-anaknya, meskipun menurut kesepakatan ulama tidak ada kewajiban untuk berumrah bagi anak-anak yang belum akil baligh.

Sebelum berangkat, pastikan anak-anak mendapatkan vaksinasi meningitis, namun vaksin ini tidak wajib bagi anak yang berusia dibawah 2 tahun.

Bagaimana Cara Ibadah Umroh Bersama Anak

Persiapkan pula untuk membawa obat-obatan yang diperlukan untuk sakit ringan, misalnya minyak angin, obat panas, batuk, termometer dan sebagainya. Bila perlu bawa pula vitamin dan suplemen.

Untuk mengantisipasi kebosanan yang kapan saja bisa terjadi pada anak anda, bawa pula mainan si kecil atau buku bacaan favoritnya bila dia telah bisa membaca.
Perhatikan pula pada musim apa Anda akan berangkat umrah bersama buah hati.

Bawa pula jaket, baju hangat dan pelembab kulit untuk Anda dan anak-anak. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter anak apabila anak tersebut memiliki penyakit khusus seperti asma atau alergi sehingga bisa mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Kondisi cuaca yang seringkali tidak menentu dan ekstrem membuat kita apalagi si kecil mengalami penurunan daya tahan tubuh yang dapat berakibat fatal seperti penyakit mulai menyerang tubuh maka dari itu kita harus memilih waktu tepat guna melakukan ibadah umroh. waktu yang tepat untuk melakukan ibadah umroh adalah bulan juni hingga juli.

Untuk makanan, di Tanah Suci tersedia restoran atau rumah makan yang menunya cukup bersahabat dengan anak-anak, misalnya ada yang menjual ayam atau telur goreng/rebus, es krim dan sebagainya.

Untuk pakaian, sesuaikan juga dengan musim. Bila Anda dan si kecil berangkat saat musim panas, pilih baju dari katun yang dapat menyerap panas. Sebaliknya, bila anda berangkat saat musim dingin, persiapkan baju hangat ekstra atau jaket.

Direkomendasikan Anda pergi umroh bersama anak di awal atau akhir bulan, karena cuaca belum terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Bawa pula diapers bila anak Anda masih balita.

Apabila anak merasa capek pada saat menjalani thawaf keliling Ka’bah atau saat lari Sa’i, jangan memaksa si anak.

Bila memungkinkan, Anda dapat menggendong si kecil atau menyewa kursi roda yang disediakan di sekitar Masjidil Haram. Stroller atau kereta bayi hanya boleh sampai pintu masuk masjid, namun kursi roda masih boleh masuk. Atau anda siapkan juga gendongan.

Menurut pengalaman beberapa jamaah umroh yang bepergian bersama anak balitanya, stroller masih boleh masuk di masjid di Madinah.

Bagaimana Cara Ibadah Umroh Bersama Anak

Hal terpenting yang harus anda lakukan adalah dengan berdoa kepada allah swt agar ibadah umroh anda dapat berjalan dengan lancar.

You May Also Like

About the Author: ibadah-umroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *