Doa Umroh Secara Umum

Doa Umroh Secara Umum

Doa Umroh Secara Umum. Berangkat menunaikan ibadah umroh ataupun haji adalah suatu panggilan Allah SWT bagi kaum muslimin. Ibadah umroh yang terkait dalam rukun umroh adalah thawaf, sa’i dan tahalul sehingga umroh dapat di namakan haji kecil.

Untuk mempersiapkan rangkaian ibadah umroh kita dapat memahami do’a bacaan yang di anjurkan oleh Rasululloh SAW mulai dari persiapan melaksanakan ibadah umroh yang dimulai sejak keberangkatan sampai saat menunaikan ibadah umroh. Berikut adalah susunan awal perjalanan ibadah umroh, beserta bacaan doa nya :

1.Melaksanakan Sholat sunat syafar, (Bacaan dan tata caranya, silahkan klik disini)
2.Berdo’a sebelum keluar rumah,
3.Menitipkan yang di tinggalkan kepada Allah SWT

Rukun Umroh :
1.Niat Ihrom
2.Sa’i (berjalan / berlari dari bukit shafa dan marwa)
3.Tahallul  (mencukur rambut)

Doa Umroh Secara Umum

  1. Berniat Ihrom
    Jika sudah berniat ihrom maka tidak boleh melanggar larangan ihram. Tidak boleh berkata buruk, mengunjing, bertengkar, berdebat yang tidak bermanfaat dan larangan lainnya untuk menjaga kesempurnaan ibadah umrah. Perbanyaklah membaca talbiyah:

Labaîk allâhumma labaîk, labaîk lâ syarîka laka labaîk, innal hamda wan ni’mata laka wal mulku, lâ syarîka laka 

“Aku penuhi seruan-Mu Ya Allah, aku penuhi seruan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan seluruh kerajaan milik-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu.”

2. Melaksanakan Sa’i
Sebelum ke shafa letakan kembali pakain dengan cara idhthiba’ (bagi laki-laki) dan ketika mendekat shafa bacalah:

Innash-shofâ wal marwata min sya’â-irillâhi, Abda-u bimâ bada Allâh bihi

“Sesungguhanya Shafa dan Marwah sebagian dari syiar Allah. Aku mulai dengan apa yang dimulai Allah.”

Ketika sampai di Shafa menghadap Kabah dengan mengangkat kedua tangan sambil membaca:

Allahu Akbar 3 x
Lâ ilâha illallahu wahdahu lâ syarîka lahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyî wa yumîtu wa huwa ‘alâ kulli syai-in qadîir, Lâ ilâhi illallahu wahdahu, anjaza wa’dahu wa nasharo ’abdahu wahazamal ahzâba wahdahu

Tidak ada Tuhan selain Allah tidak ada sekutu bagiNya, milik-Nya semua kerajaan dan pujian. Ia yang menghidupkan dan yang mematikan, Ia Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Tidak ada Tuhan selain Allah, ditepati janji-Nya, dibela hambaNya dan dikalahkan semua musuh olehNya.”

Bacalah doa ini 3 x kemudian mulai berjalan untuk Sai.

Bagi laki-laki ketika berada diantara dua lampu hijau berjalan cepat (raml) sambil membaca:

Rabbighfir warham wa tajâwaz ‘amma ta’lam innaka antal a’azul akrom, Allâhumma âtina fiddunyâ hasanah wa fil âkhiroti hasanah wa qinâ adzabannâr

“Ya Allah ampuni aku, hapuskan segala dosa yang Engkau ketahui, (karena) sesungguhnya Engkau Maha Mulia dan Maha Besar. Ya Allah berilah aku kebaikan dunia akhirat dan selamatkan aku dari api neraka.”

Kemudian berjalan biasa lagi hingga di Marwah. Ketika sampai di Mawah menghadap kiblat sambil bertakbir dan berdoa seperti di permulaan Sai. Kemudian mulai berjalan kearah Shafa dan be-raml ketika melewati dua lampu hijau.

Sai dilakukan tujuh putaran, antara Shafa dan Marwah dihitung satu putaran dan begitu pula sebaliknya dan sai akan berakhir di Marwah.

3. Tahallul menggunting rambut
Tahallul dengan menggunting atau mencukur rambut sedangkan bagi wanita hanya mengunting beberapa helai rambut sepanjang ruas jari saja. Ketika mencukur rambut mulailah mencukurnya pada bagian sebelah kanan kepala dan berdoa:

Allâhummaghfir lil muhalliqîna wa lil muqoshirîn 

“Ya Allah, ampunilah orang yang bercukur dan yang bergunting.”

Doa Umroh Secara Umum

Mengunting atau memotong rambut boleh dilakukan oleh siapa saja, anak kecil ke orang tua atau sebaliknya, istri kepada suaminya atau sebaliknya. Hendaknya wanita dipotong oleh muhrimnya. Anda menjadi halal kembali dan selesailah ibadah umrah anda.Semoga Anda mmenjadi Umroh yang Mabrur. Ammiinn

You May Also Like

About the Author: ibadah-umroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *