Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh sebenarnya ada beberapa hal, namun masih banyak orang yang sulit untuk menjelaskannya ketika ditanyakan tentang hal ini. Haji dan umroh sama-sama dilakukan di Baitullah, namun ada perbedaan secara mendasar yang membedakan keduanya. Agar kita lebih jelas dalam memahami antara ibadah haji dan umrah ini, maka Anda harus tahu perbedaan yang ada pada keduanya. Berikut ini Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh

1. Perbedaan Hukum,

Perbedaan haji dan umroh yang pertama terletak pada hukum pelaksanaannya. Haji merupakan salah satu dari 5 rukun islam. Semua umat islam yang mampu secara fisik dan finansial wajib untuk melaksanakannya seumur hidup sekali. Adapun hukum umroh adalah sunnah muakad atau sunnah yang diutamakan.

2. Perbedaan Waktu,

Umroh dapat dilaksanakan kapan saja. Sewaktu-waktu ingin melaksanakannya, kita bisa, kecuali pada 4 hari yang antara lain hari Arafah (9 Djulhijah), hari Nahar (10 Djulhijah), dan hari Tasyrik (11, 12, 13 Djulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah haji. Ibadah haji hanyalah bisa ditunaikan pada bulan Djulhijah (bulan Haji) saja, tepatnya pada tanggal 9 hingga 11 Djulhijah.

3. Perbedaan Tempat,

Umrah dan haji juga berbeda dari sisi tempat pelaksanaannya. Keduanya memang dilaksanakan di Makkah AL Mukarromah, akan tetapi pada ibadah haji seseorang juga harus menunaikan rukun yang dilakukan di luar Makkah. Rukun haji yang dilakukan di luar kota Makkah adalah wukuf di Arafah, menginap (mabit) di Muzdhalifah, dan melempar jumroh (batu kecil) di Mina.

4. Perbedaan Rukun atau Tata Cara Pelaksanaannya,

Saat umroh, seseorang menunaikan rukun yang antara lain Ihram, Tawaf, Sya’i, dan Tahalul. Adapun saat haji, semua rukun umroh tersebut dilakukan dengan penambahan 3 rukun lainnya yaitu wukuf di Arafah, menginap (mabit) di Muzdhalifah, dan melempar jumroh (batu kecil) di Mina.

5. Perbedaan Tingkat Keramaian,

Dikarenakan ibadah umroh bisa ditunaikan kapan saja, maka tingkat keramaian orang yang menunaikan ibadah ini terbilang sangat rendah. Kita tak perlu berdesak-desakan saat menunaikan setiap rukun pelaksanaan ibadah umroh.

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh

Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah haji atau umrah semoga niatan baik Anda dimudahkan segala urusannya, dan juga ibadah umrah dan haji yang telah dijalani diterima dan menjadi amal kebaikan yang bisa kita rasakan didunia ini ataupun di akhirat kelak dan mendapatkan pahala haji dan umroh mabrur. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.

You May Also Like

About the Author: ibadah-umroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *