Tata Cara Ibadah Umroh dan Bacaannya

Tata Cara Ibadah Umroh dan Bacaannya

Bagaimanakah Tata Cara Ibadah Umroh dan Bacaannya, Sudahkah anda tahu bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah umroh yang baik dan benar sesuai dengan sunnah ? Umroh yang sesuai dengan sunnah nya dapat diartikan sebagai kunjungan/ziarah ke tempat suci dengan cara berihram, tawaf, sai dan tahallul, tanpa melakukan melakukan wukuf di padang arafah, karena umroh bisa juga dikatakan sebagai haji kecil.

Berikut Tata Cara Ibadah Umroh dan Bacaannya :

  1. Dari bandara menuju masjid miqat Dzulhulaifah / Abyar ‘Ali. Lakukan persiapan sebelum ihram seperti mandi, mengenakan pakaian ihram, berwudlu dan shalat sunnah ihram 2 raka’at. setelah itu membaca niat umroh : Labbaikallahumma ‘umratan (Aku Sambut PanggilanMu Ya ALLAH Untuk ber Umroh)
  2. Setelah menggunakan Ihram dan berniat melaksanakan umroh, jamaah dilarang untuk :

    larangan-ihram
    larangan-ihram
  3. Dalam Perjalanan menuju Makkah, perbanyak membaca dzikir dengan membaca Talbiyah :
    bacaan talbiyah
    bacaan talbiyah

    Labbaikallahumma labbaik, labbaika la syarikalaka labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulka, la syarika lak. (Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya ALLAH, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-MU, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat, dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu)

  4. Setelah tiba di Masjidil Haram, dahulukan kaki kanan dan bacalah :
    doa masuk masjidil haram
    doa masuk masjidil haram

    (Ya Allah, engkau sumber keselamatan dan daripada-Mu lah datangnya keselamatan, dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera serta masukanlah kedalam surga negeri keselamatan. Maka banyak Abugrah-Mu dan Maha Tinggi Engkau. Wahai Tuhan yang memilii keagungan dan kehormatan. ya Allah bukalah untukku pintu Rahmat-Mu (Aku MAsuk Masjid Ini) dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta Shalawat dan Salam untuk Rasulullah)

  5. Melakukan Tawaf mengelilingi kabah sebanyak 7 kali, posisi Ka’bah berada disebelah kiri. Selama 7 kali mengelilingi Ka’bah sambil membaca : https://biayaibadahumroh.com/bacaan-doa-tawaf-7-putaran/
  6. Shalat 2 rakaat didepan makam Ibrahim, Rakaat pertama membaca surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kafirunn. Rakaat ke dua membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan surat Al-Ikhlas.
  7. Istirahat sejenak meminum air zam-zam, sambil berdoa :

    doa minum air zam-zam
    doa minum air zam-zam
  8. Melakukan Sa’i antara bukit Safa dan bukit Marwah sebanyak 7 kali, sambil membaca : 

    doa sa'i
    doa sa’i
  9. Tahallul merupakan akhir dari ibadah umroh, yakni dengan menggunting/mencukur rambut bagi laki-laki hingga botak (tidak hingga botak pun tidak apa-apa), dan untuk jamaah perempuan mencukur alakadarnya. Dengan membaca doa : 

    doa tahallul
    doa tahallul

dengan melaksanakan beberapa tata cara pelaksanaan ibadah umroh diatas, semoga jamaah diberikan kelancaran, kemudahan, kesehatan jasmani dan rohani dalam menjalankan ibadah umroh, dan tentunya mendapatkan umroh yang mabrur. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.

You May Also Like

About the Author: ibadah-umroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *