Tips Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Umroh

Tips Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Umroh

Semua orang pasti menginginkan tubuh sehat selama menunaikan ibadah umroh, bagaimana caranya? berikut akan kami berikan beberapa Tips Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Umroh.

1. Selalu gunakan masker

Perbedaan cuaca dan lingkungan sudah pasti akan mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Jamaah umroh maupun haji secara umum banyak yang menderita penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan) sekembalinya dari tanah suci. ISPA sebetulnya bukanlah penyakit yang berbahaya, apabila mendapat perawatan dengan baik dan segera.

Gejala yang menandai timbulnya ISPA dimulai dari bersin-bersin, batuk, dan demam. ISPA sangat gampang sekali menular, oleh karena sebagai langkah pencegahan. Kecuali sedang berniat ihram,  selalu gunakan  masker ketika Anda bepergian keluar. Masker pun akan menghambat penyebaran virus dari tubuh Anda terhadap jamaah lain.

2. Membawa Sun block dan pelembab bibir

Setiap keluar ruangan, gunakan selalu lotion dan pelembab bibir ini untuk melindungi kulit serta bibir dari sengatan matahari untuk menghindari kulit dan bibir pecah-pecah. Percayalah, apabila kulit Anda pecah-pecah di tanah suci, apalagi kulit di kaki, maka hal ini akan menyakitkan sekaligus menyulitkan Anda berjalan saat melaksanakan ibadah ke Masjid.

Setiap keluar kamar pergunakan  selalu lotion sun-block dan pelembab bibir. Sun-block dan pelembab bbir yang tidak mengandung alkohol dan wewangian banyak di jual di toko oleh – oleh umroh. Sun-block dan pelembab bibir ini akan melindungi kulit dan  bibir dari panasnya sengatan matahari secara langsung.

3. Jaga Pola Istirahat

Anda mesti menjaga keteraturan pola tidur dan istirahat. Jangan terlampau memaksakan diri, terutama pada tahap awal beribadah umroh. Sebab nantinya menjelang kepulangan stamina tubuh bakal drop dan menimbulkan gejala sakit. Tentu saja hal ini bakal berpengaruh akan kelancaran rangkaian perjalanan ibadah umroh Anda.

4. Jaga Pola Makan

Tidak dipungkiri, masakan di tanah suci tidak akan seenak dan selezat masakan di tanah air. Hal ini jamak ditemukan, namun jangan jadikan ini sebagai hambatan untuk makan.
Yang perlu diperhatikan adalah, seimbangkan nutrisi dan gizi, seimbangkan antara nasi, sayur-mayur dan lauk-pauk. Sangat direkomendasikan banyak mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan yang mengandung serat. Dan rutinkan makan 3 kali sehari.  Jangan lupa minum susu dan vitamin guna menjaga situasi tubuh tetap prima.

5. Perbanyak minum Air zam-zam

Rendahnya tingkat kelembaban udara di Kota suci Mekkah dan Madinah mengakibatkan tubuh kita cepat kehilangan cairan. Sehingga Mengakibatkan jamaah umroh dan haji yang sedang berada di kedua kota suci itu  gampang sekali terkena dehidrasi.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Umroh

Perbanyaklah konsumsi air putih baik itu air mineral atau air zam – zam. Umumnya hotel yang dipakai oleh jamaah selama di tanah suci selalu menyiapkan  air putih. Hindari mengkonsumsi air dingin, karena ini akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

6. Rutin mencuci tangan

Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan dengan bersih setiap ada kesempatan ke toilet. Umumnya fasilitas toilet di hotel dan masjid-masjid di tanah suci menyediakan cairan pembersih tangan, maka gunakanlah cairan tersebut untuk membersihkan tangan. Sebab tangan merupakan sarang bakteri dan virus, apabila kita menyentuhkan tangan yang kotor ke hidung atau mulut maka akan menyebabkan virus dan bakteri mudah masuk ke tubuh. Salah satu penyebaran ISPA juga disebabkan tangan yang kurang bersih.

Demikian beberapa Tips Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Umroh, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: ibadah-umroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *